A. PENDAHULUAN 1. Deskripsi Singkat Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks karena banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah guru. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi antara guru dan perserta didik. Saat ini, proses belajar mengajar seringkali menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar peserta didik menurun. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dalam belajar. Melihat kondisi tersebut, maka penulis mencoba menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pengembangan materi ajar. Materi ajar ini disusun berdasarkan permasalahan (Problem Base Learning) yang muncul dari kekurangan bahan belajar peserta didik. Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) adalah sistem pembelajaran yang berpijak pada masalah yang dihadapi pada saat proses mendapatkan ilmu pengetahuan. Materi ini berfungsi agar peserta didik bisa man
Komentar
Posting Komentar